Advertisement

Responsive Advertisement

Ibadah Doa Penyembahan (09 Januari 2024)



Ibadah Doa Penyembahan (09 Januari 2024)

Pdp. Otniel Hasugian

Salam sejahtera dalam kasih sayangnya Tuhan kita Yesus Kristus. Selamat Malam, selamat mendengarkan Firman Tuhan. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia dan bahagia dari Tuhan senantiasa dilimpahkan di tengah-tengah kita sekalian.

Firman Penggembalaan yang dibawakan oleh bapak gembala berada pada  Yosua 1 : 12-18 tapi saya mau ajak kita mengulang-ngulang dulu didalam kitab Yosua pasalnya yang pertama ini.

Ada 4 kali disebutkan Kuatkan dan teguhkanlah hatimu Pada Kitab Yosua pasalnya yang pertama :

 Yosua 1: 6-7, 9, 18

1:6.Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.

1:7.Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimudengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.

1:9.Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."

1:18.Setiap orang yang menentang perintahmu dan tidak mendengarkan perkataanmu, apapun yang kauperintahkan kepadanya, dia akan dihukum mati. Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu!"

Ini perintah kepada Yosua untuk kuat teguh hati untuk memasuki tanah kanaan. begitu juga kita dalam menantikan pertolongan Tuhan, lawatan Tuhan, lebih lagi menantikan kedatangan Tuhan Yesus Kedua kali yang dibutuhkan Kuat teguh hati.


Mazmur 27: 14

27:14 Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

Yang dijaga adalah hati, yaitu kita harus kuat dan teguh hati. Jangan sampai hati kita keraslemah dan bimbang.


·         1.  Hati Keras

Yakobus 1: 21

1:21 Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.

Kalau bisa menerima Firman itu hati lemah lembut, sebaliknya kalau hati keras itu menolak Firman

Hati keras yaitu hati yang kotor, diisi oleh kejahatan , kenajisan, sehingga tidak bisa menerima Firman Allah (pribadi Tuhan) . Kalau hati keras tidak bisa menerima Firman Pengajaran yang benar , Tidak bisa menerima Pribadi Tuhan , bagaimana bisa menerima lawatan, pertolongan Tuhan  apalagi menyambut kedatangan Yesus kedua kali.

Biarlah kita Kuat teguh hati

Yohanes 12 : 48

12:48.Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

 

·         2. Hati Lemah

1 Korintus 8: 7, 9

8:7 Tetapi bukan semua orang yang mempunyai pengetahuan itu. Ada orang, yang karena masih terus terikat pada berhala-berhala, makan daging itu sebagai daging persembahan berhala. Dan oleh karena hati nurani mereka lemah, hati nurani mereka itu dinodai olehnya.

8:9 Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.

 

Hati yang lemah, yaitu hati yang mudah tersandung/mudah tersinggung, sehingga menyimpan kepahitan, kebencian, rasa tidak suka, iri hati. sampai tinggalkan ibadah pelayanan.

 

·         3. Hati Bimbang

Yakobus 1: 6-8

1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.

1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

  

Hati yang bimbang, yaitu bimbang terhadap pengajaran benar sehingga:

 *  diombang-ambing oleh ajaran palsu yang membuat kita ragu terhadap pengajaran benar,

*  diombang-ambingkan oleh angin pencobaan yang membuat kita ragu terhadap pengajaran benar (pribadi Tuhan) dan kuasa Tuhan.

 Akibat bimbang adalah:

*tidak tenang hidupnya, tidak bisa berdoa tidak damai sejahtera hingga letih lesu beban            berat

* tidak mendapat sesuatu dari Tuhan (tidak mendapat pertolongan Tuhan),

* bahkan sampai gugur dari iman .

Biarlah malam ini kita jangan keras hati , jangan hati lemah mudah tersandung, jangan hati bimbang tapi kita tetap memiliki hati yang kuat dan teguh hati.

Kuat dan teguh hati atau tidak, dibuktikan saat kita berada dalam keadaan terjepit.mungkin di hantam pencobaan, masalah. 

Seperti Juga raja Daud 

1 Samuel 30: 6

30:6 Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.

 ini keadaan yang dihadapi Daud

30:1.Ketika Daud serta orang-orangnya sampai ke Ziklag pada hari yang ketiga, orang Amalek telah menyerbu Tanah Negeb dan Ziklag; Ziklag telah dikalahkan oleh mereka dan dibakar habis.

30:2.Perempuan-perempuan dan semua orang yang ada di sana, tua dan muda, telah ditawan mereka, dengan tidak membunuh seorangpun; mereka menggiring sekaliannya, kemudian meneruskan perjalanannya.

30:4.Lalu menangislah Daud dan rakyat yang bersama-sama dengan dia itu dengan nyaring, sampai mereka tidak kuat lagi menangis.

30:5.Juga kedua isteri Daud ditawan, yakni Ahinoam, perempuan Yizreel, dan Abigail, bekas isteri Nabal, orang Karmel itu.


Daud menghadapi keadaan terjepit, yaitu kota ziklag ditawan oleh Amalek, sehingga anak laki-laki dan perempuan dan isteri-isteri ditawan. Mungkin malam ini kita juga dalam keadaan terjepit karna masalah nikah, ekonomi, penyakit dan lain-lain.

Yang bisa kita lakukan adalah seperti Daud yaitu  menguatkan kepercayaan kepada Tuhan= kuat dan teguh hati = percaya dan mempercayakan diri sepenuh pada Tuhan.

 

Hasilnya:

                                      

ü      1 Samuel 30: 17

30:17 Dan pada keesokan harinya Daud menghancurkan merekadari pagi-pagi buta sampai matahari terbenam; tidak ada seorang pun dari mereka yang lolos, kecuali empat ratus orang muda yang melarikan diri dengan menunggang unta.

Tuhan yang berperang ganti kita  = menolong kita


ü     1 Tawarikh 19: 13

19:13 Kuatkanlah hatimudan marilah kita menguatkan hatiuntuk bangsa kita dan untuk kota-kota Allah kita. TUHAN kiranya melakukan yang baik di mata-Nya."

 Tuhan  menjadikan semua baik, berhasil dan indah .

 

ü  1 Tesalonika 3: 13

3:13 Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.

Tuhan sanggup menyucikan bahkan menyempurnakan kita. 

Ini yang bisa menantikan kedatangan Tuhan Yesus kedua kali yaitu orang yang kuat teguh hati

Jaga hati Jangan sampai kita memiliki hati keras, hati lemah dan hati bimbang, tetapi biarlah malam ini kita mohonkan pada Tuhan supaya kuat dan teguh hati.

 Tuhan tidak pernah menipu kita.

 

Tuhan memberkati.

Posting Komentar

0 Komentar